Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan Perjanjian Usaha Bersama_

Bentuk Dan Isi Surat Gugatan

Dalam Herziene Indonesische Reglement (HIR) dikenal 2 bentuk gugatan, yaitu gugatan lisan dan gugatan tertulis. Bentuk gugatan lisan terutama ditujukan bagi mereka yang buta huruf. Hal ini seperti ditentukan dalam Pasal 120 HIR (Pasal 144 RBg): “bilamana penggugat buta huruf maka surat gugatannya dapat dimasukkan dengan lisan kepada Ketua Pengadilan Negeri, yang mencatat gugatan atau menyuruh mencatatnya”.  Namun meski Penggugat dapat mengajukan gugatan secara lisan, gugatan dalam bentuk tertulis pada umumnya lebih diutamakan.

Sebagaimana ditentukan dalam Reglement Op de Burgerlijke Rechts Vordering (RV), isi gugatan gugatan pada pokoknya harus memuat:

Identitas para pihak

Bagian ini menguraikan dengan jelas identitas para pihak, yaitu Penggugat dan Tergugat, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, agama dan tempat tinggal.

Alasan-alasan gugatan (fundamentum petendi atau posita) 

Bagian ini menguraikan dengan jelas bukan hanya fakta hukumnya melainkan juga dasar hukumnya.

Tuntutan (Petitum)

Bagian ini menguraikan dengan jelas tuntutan yang diajukan. Tuntutan dapat berupa tuntutan pokok (primer), yaitu tuntutan sebenarnya yang diminta oleh Penggugat sebagaimana dimaksud dalam Posita, atau dapat juga berupa tuntutan tambahan (sekunder) yaitu bukan merupakan tuntutan pokok yang berhubungan langsung dengan pokok perkara. Tuntutan tambahan misalnya berupa tuntutan agar tergugat dihukum untuk membayar biaya perkara atau membayar uang paksa (dwangsom). Selain tuntutan pokok dan tambahan, ada juga tuntutan pengganti (subsider), yaitu tuntutan yang diajukan untuk mengantisipasi apabila tuntutan pokok dan tambahan tidak diterima. Dalam praktek tuntutan semacam ini biasanya berbunyi Ex Aequo Et Bono (mohon putusan yang seadil-adilnya dalam hal majelis hakim berpendapat lain diluar tuntutan Penggugat). (www.legalakses.com)

 

FOOTER LA - Panduan Membuat Kontrak Bisnis

Komentar

Komentar

Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan Perjanjian Usaha Bersama_
   
POPULER