Bezit

Tips Hukum Jual Beli Tanah dan Bangunan

Bezit adalah adalah suatu keadaan lahir/fisik, di mana seseorang menguasai suatu benda seolah-olah benda tersebut miliknya sendiri dan oleh hukum dilindungi, dengan tidak mempersoalkan hak milik atas benda tersebut sebenarnya ada pada siapa. Bezit dapat terdiri dari bezit yang beritikan baik dan bezit yang beritikad buruk.

  • Pada dasarnya bezit hampir sama dengan hak milik (eigendom), namun dalam eigendom lebih menunjukkan adanya hubungan hukum kepemilikan dengan pemiliknya, sedangkan pada bezit lebih menunjukkan adanya hubungan nyata/fisik antara pemegang dengan bendanya tanpa menghiraukan hubungan kepemilikan benda tersebut.
  • Bezit yang beritikad baik (te goeder trouw) adalah bezit dimana si pemegang benda memperoleh kebendaan tersebut secara tidak mengetahui apakah benda yang dipegangnya tersebut diperoleh dengan jalan yang sesuai atau tidak sesuai dengan cara-cara untuk memperoleh hak milik.
  • Bezit yang beritikad buruk (te kwader trouw) adalah bezit dimana si pemegang benda tersebut mengetahui bahwa benda tersebut diperoleh dengan cara-cara yang bertentangan dengan cara-cara untuk memperoleh hak milik.

(www.legalakses.com)

Komentar

Komentar

DRAF SURAT
Download Draf Surat Kuasa Download Draf Berita Acara Draf Surat Pernyataan Draf Surat Resmi
 
TUTORIAL DOKUMEN LEGAL
Cara Membuat Surat Kuasa Dalam 7 Menit! Contoh Surat Kuasa Mengambil Barang Panduan Praktis Membuat Perjanjian Membuat Perjanjian Yang Sah dan Mengikat
 
LEGALPEDIA
Bedanya Distributor dan Agen Tanpa Meterai Perjanjian tetap Sah Perjanjian kontrak MOU
Rahasia Dagang DIgunakan Mantan Karyawan Hukum Kontrak Sewa Ruko Melindungi Rahasia Dagang