Contoh Surat SOMASI

 

______, __ ___________ ____

Kepada Yth.,
PT. _________________
______________________
______________________
__________
Perihal: SOMASI

Dengan Hormat,

Berkaitan dengan belum dilaksanakannya kewajiban pembayaran uang sewa ________ oleh PT. _____________ kepada kami berdasarkan “Perjanjian Sewa ________No. __/____/____/______ tanggal __ _________ ____, maka kami sampaikan SOMASI kami sebagai berikut:

  1. Bahwa, pada tanggal __ _________ _____, PT. ___________ telah melakukan penyewaan __________ kepada kami berdasarkan Perjanjian Sewa ______ No. __/____/____/______ tanggal __ _________ ____ tentang penyewaan __ (__________) buah ________ merek ________ untuk selama __ (______) hari antara tanggal __ _______ ______ sampai dengan tanggal __ _________ _____.
  2. Bahwa, penyewaan _______ tersebut telah dilaksanakan oleh PT. _______________ untuk selama __ (___________) hari sesuai perjanjian, dan karenanya PT. ____________ berkewajiban untuk membayar harga sewanya kepada kami sebesar Rp. ___________ (______________ rupiah) yang jatuh tempo pada tanggal __ ____________ ______ tersebut.
  3. Bahwa, hingga tanggal tersebut PT. ______________ ternyata tidak juga melaksanakan kewajibannya membayar uang sewa kepada kami meskipun penagihan kewajiban itu telah kami lakukan.
  4. Bahwa, karena tidak dibayarkannya uang harga sewa ___________ oleh PT. ____________, hingga saat dilayangkannya  SOMASI ini kami telah melakukan beberapa kali lagi penagihan, yaitu pada bulan ____________, ______________ dan ____________, namun tindakan itu tidak juga mendapat tanggapan yang baik dari PT. ____________.
  5. Bahwa, kami masih berkeyakinan bahwa PT. _____________ akan melaksanakan kewajibannya tersebut kepada kami, dan karenanya bersama SOMASI ini kami juga mengundang PT. _____________ untuk dapat hadir di kantor kami pada tanggal ___ _____________ ______ guna membicarakan penyelesaian kewajiban pembayaran uang sewa tersebut.
  6. Bahwa, dalam hal hingga tanggal tersebut PT. _____________ tidak juga bersedia melakukan pembicaraan guna menyelesaikan kewajibannya, maka kami akan menindaklanjuti penyelesaian permasalahan ini secara hukum, baik pidana maupun perdata.

Demikian SOMASI ini disampaikan untuk menjadi perhatian.

Hormat kami,

___________________

Direktur PT.______________

(http://legalakses.com)

Download draf “Surat Somasi” diatas dalam format word (.doc)  disini.