Format Surat Wasiat

Tips Hukum Jual Beli Tanah dan Bangunan

Surat wasiat atau testamen adalah surat yang memuat pernyataan seseorang tentang apa yang dikehendakinya terhadap harta kekayaannya setelah ia meninggal dunia kelak. Sebuah wasiat harus dibuat dalam bentuk akta atau surat, tak boleh hanya dalam bentuk lisan, dan ditandatangani oleh orang yang berwasiat. Undang-undang tidak menentukan format pembuatan sebuah surat wasiat, namun sebagai panduan, berikut adalah format Surat Wasiat (dibawah tangan) pada umumnya:

  • Pemberi Wasiat dan Penerima Wasiat

Surat Wasiat harus menyebutkan identitas Pemberi Wasiat dan Penerima Wasiat secara jelas. Identitas tersebut misalnya seperti yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).

  • Obyek Wasiat

Surat Wasiat juga harus menyebutkan benda-benda yang akan diwasiatkan secara jelas, yang keterangan bendanya mengikuti keterangan seperti dalam dokumen legal kepemilikan benda tersebut. Misalnya BPKB mobil atas nama Pemberi Wasiat yang menunjukan/membuktikan bahwa mobil tersebut milik Pemberi Wasiat.  

  • Pencabutan Wasiat Sebelumnya

Untuk memastikan tidak ada wasiat lain yang diberikan kepada selain pihak-pihak yang tercantum dalam Surat Wasiat, maka dalam Surat Wasiat dicantumkan pencabutan wasiat-wasiat sebelumnya tersebut tanpa pengecualian.  

  • Pelaksana Surat Wasiat

Pelaksana Surat Wasiat adalah orang yang ditunjuk dalam Surat Wasiat untuk melaksanakan isi dari Surat Wasiat tersebut. Misalnya, saudara kandung dari si Pemberi Wasiat yang ditunjuk oleh Pemberi Wasiat untuk melakukan pembagian harta Pemberi Wasiat ketika kelak ia meninggal dunia.

  • Saksi-saksi

Merupakan orang-orang yang menyaksikan perbuatan hukum pemberian wasiat tersebut.

  • Tanda Tangan

Sebaiknya Surat Wasiat ditandatangani oleh semua pihak yang berkepentingan. Selain Pemberi Wasiat sendiri, Notaris juga perlu menandatangani Surat Wasiat atau akta-akta pendukung Surat Wasiat tersebut agar Surat Wasiatnya otentik dan berkekuatan hukum sempurna. Selain Saksi-saksi yang turut menyaksikan pemberian wasiat tersebut, Pelaksana Wasiat juga sebaiknya turut menandatangani Surat Wasiat sebagai bentuk konfirmasi persetujuannya mengeksekusi wasiat.

(http://legalakses.com).

Artikel Terkait:

Komentar

Komentar

DRAF SURAT
Download Draf Surat Kuasa Download Draf Berita Acara Draf Surat Pernyataan Draf Surat Resmi
 
TUTORIAL DOKUMEN LEGAL
Cara Membuat Surat Kuasa Dalam 7 Menit! Contoh Surat Kuasa Mengambil Barang Panduan Praktis Membuat Perjanjian Membuat Perjanjian Yang Sah dan Mengikat
 
LEGALPEDIA
Bedanya Distributor dan Agen Tanpa Meterai Perjanjian tetap Sah Perjanjian kontrak MOU
Rahasia Dagang DIgunakan Mantan Karyawan Hukum Kontrak Sewa Ruko Melindungi Rahasia Dagang