Hak Perusahaan Menahan Ijazah Karyawannya Selama Ikatan Dinas

Perjanjian Usaha Bersama

Mungkin Anda merupakan salah satu orang yang mengalami hal demikian, dimana ijazah Anda ditahan oleh Perusahaan tempat Anda bekerja dengan alasan Anda masih berada dalam ikatan dinas. Dalam kondisi seperti itu Anda tentu saja tidak dapat mengundurkan diri dari perusahaan. Hukum ketenagakerjaan di Indonesia sebenarnya tidak mengatur mengenai hak perusahaan untuk menahan ijazah karyawannya, namun kondisi seperti diatas sah-sah saja.

Meskipun peraturan tidak mengaturnya, namun perusahaan berhak menahan ijazah karyawannya selama perjanjian kerja diantara mereka menentukan hal tersebut. Dengan demikian, hak menahan ijazah karyawan itu lahir dari perjanjian kerja dan bukan peraturan ketenagakerjaan. Untuk melindungi investasinya dalam pengembangan sumber daya manusia, perusahaan berhak memasukan klausul menahan ijazah itu dalam perjanjian kerjanya.  

Katakanlah Anda menyetujui klausul penahanan ijazah tersebut dalam perjanjian kerja Anda, maka dengan demikian Anda wajib mengikutinya. Hal itu biasanya bertujuan untuk mencegah Anda keluar dari perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan telah lebih dulu memberikan fasilitas pendidikan kepada karyawannya, yang kadang investasi itu dilakukan dengan biaya yang tidak murah. Perusahaan mengeluarkan biaya tersebut dengan tujuan agar karyawan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada perusahaan, yang nilainya tentu lebih besar dari biaya yang dikeluarkan perusahaan.  

Tujuan Perusahaan melakukan ikatan dinas dan menahan ijazah karyawannya merupakan salah satu cara agar karyawan tidak meninggalkan perusahaan sebelum memberikan kontribusi sesuai harapan Perusahaan. Bahkan tidak jarang, selain menahan ijazah, perusahaan juga menerapkan denda. Oleh sebab itu, jika Anda memang tidak menghendaki hal yang demikian, sebaiknya ketika menandatangani perjanjian kerja cermati baik-baik, apakah hal tersebut ditentukan atau tidak di dalamnya, dan bersikaplah kritis.

Komentar

Komentar

VIDEO
Panduan Membuat Perjanjian Membuat Perjanjian Yang Sah Dan Mengikat Cara Membuat Surat Kuasa Dalam 7 Menit!
Perbedaan Distributor dan Agen Perjanjian Tanpa Meterai Bedanya Perjanjian dan Kontrak
Rahasia Dagang Digunakan Mantan Karyawan Kontrak Sewa Ruko Melindungi Rahasia Dagang