Karyawan Baru Yang Sudah 1 Bulan Berkerja Berhak Atas THR, dan Wajib Dibayarkan Seminggu Sebelum Hari Raya

Tips Hukum Jual Beli Tanah dan Bangunan

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 (Permenaker 6/2016), perusahaan wajib memberikan THR kepada karyawn yang sudah bekerja minimal 1 bulan secara terus-menerus. Ketentuan ini berlaku bukan hanya untuk karyawan tetap, tapi juga untuk karyawan tidak tetap.

Sebelum berlakunya Permenaker 6/2016, ketentuan mengenai THR diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor PER.04/MEN/1994 (Permenaker 4/1994). Menurut Permenaker 4/1994,  hak THR karyawan baru muncul setelah karyawan yang bersangkutan bekerja untuk perusahaan selama 3 bulan berturut-turut.

Jika karyawan yang telah bekerja selama 12 bulan berturut-turut berhak mendapat THR sebesar 1 bulan upah, maka besarnya THR karyawan yang telah bekerja antara 1 sampai 12 bulan adalah prorate berdasarkan masa kerjanya dengan rumus: masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan upah. Jika Anda baru bekerja selama 2 bulan dengan gaji bulanan sebesar Rp. 3.000.000, maka besarnya THR Anda adalah 2/12 x Rp. 3.000.000 = Rp. 500.000. Upah yang dimaksud disini adalah Gaji Pokok termasuk Tunjangan Tetap.

Perhitungan diatas adalah perhitungan THR minimal, sebab Permenaker 6/2016 menentukan bahwa jika Peraturan Perusahaan (PP) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB) menetapkan THR yang lebih besar dari perhitungan diatas, maka THR yang dibayarkan kepada karyawan adalah THR dengan perhitungan sesuai PP dan PKB tersebut.

THR wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari raya. Jika perusahaan terlambat membayar THR dari jangka waktu tersebut, maka perusahaan dapat dikenakan denda sebesar 5% dari total THR yang harus dibayar kepada karyawan. Kewajiban itu timbul sejak berakhirnya batas waktu tersebut. Hasil denda harus dikelola dan digunakan untuk kesejahteraan karyawan, yang pengelolaannya diatur dalam dalam PP atau PKB. (legalakses.com).

Artikel Terkait:

Komentar

Komentar

DRAF SURAT
Download Draf Surat Kuasa Download Draf Berita Acara Draf Surat Pernyataan Draf Surat Resmi
 
TUTORIAL DOKUMEN LEGAL
Cara Membuat Surat Kuasa Dalam 7 Menit! Contoh Surat Kuasa Mengambil Barang Panduan Praktis Membuat Perjanjian Membuat Perjanjian Yang Sah dan Mengikat
 
LEGALPEDIA
Bedanya Distributor dan Agen Tanpa Meterai Perjanjian tetap Sah Perjanjian kontrak MOU
Rahasia Dagang DIgunakan Mantan Karyawan Hukum Kontrak Sewa Ruko Melindungi Rahasia Dagang