Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan Perjanjian Usaha Bersama_

Legalisasi Surat Kuasa Yang Dibuat Di Luar Negeri

Surat kuasa yang dibuat dan ditandatangani di luar negeri – termasuk perjanjian, surat pernyataan dan dokumen legal lainnya – harus di-legalisasi untuk dapat dipergunakan di Indonesia. Ketentuan ini ditegaskan dalam Lampiran Peraturan Menteri Luar Negeri No. 09/A/KP/XII/2006/01 tanggal 28 Desember 2006:  

Setiap dokumen Indonesia yang akan dipergunakan di negara lain atau dokumen asing yang akan dipergunakan di Indonesia perlu dilegalisasi  oleh instansi yang berwenang.

Legalisasi dokumen berarti pengesahan dokumen terhadap tanda tangan di dalam dokumen tersebut, pengesahan tanda tangan dari pemberi dan penerima kuasa yang membubuhkannya. Pengesahan itu hanya meliputi pengesahan tanda tangan, namun tidak termasuk kebenaran isinya. Legalisasi bukan merupakan jaminan terhadap kebenaran isi surat kuasa. Surat kuasa yang memerlukan legalisasi antara lain:

  • Surat kuasa yang dibuat di Indonesia yang akan dipergunakan di negara lain, legalisasi dilakukan oleh:
  1. Kementerian Hukum & HAM RI
  2. Kementerian Luar Negeri
  3. Perwakilan RI di luar negeri.
  • Surat kuasa yang diterbitkan di luar negeri dan akan digunakan di wilayah Indonesia, legalisasi dilakukan oleh:
  1. Kementerian Hukum dan HAM
  2. Kementerian Luar Negeri negara dimaksud
  3. Perwakilan Republik Indonesia di Negara setempat.

Kewajiban melegalisir surat kuasa yang dibuat di luar negeri juga mendapatkan kekuatannya dalam putusan Mahkamah Agung, Nomor 3038 K/Pdt/1981 tanggal 18 September 1986, yang memutuskan bahwa keabsahan surat kuasa yang dibuat di luar negeri selain harus memenuhi persyaratan formil juga harus dilegalisir lebih dahulu oleh KBRI setempat. Ketentuan ini berlaku baik surat kuasa di bawah tangan maupun otentik.(http://legalakses.com).

FOOTER LA - Panduan Membuat Kontrak Bisnis

Komentar

Komentar

Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan Perjanjian Usaha Bersama_
   
POPULER