Membagi Warisan Jika Istri Lebih Dari Satu Orang

Dok Ketenagakerjaan Perusahaan

Secara hukum istri merupakan pihak yang berhak menerima warisan jika seorang suami meninggal dunia. Masalah tidak akan timbul jika perkawinan yang dilakukan suami tersebut monogami, namun tuntutan bertubi-tubi akan muncul jika suami tersebut memiliki istri lebih dari seorang (poligami). Untuk menghindari pertentangan harta warisan kelak jika suami meninggal, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan suami:

  • Membuat perjanjian perkawinan/pranikah. Pada prinsipnya perjanjian perkawinan memisahkan harta kekayaan dalam rumah tangga (harta kekayaan masing-masing-masing suami istri). Dalam perjanjian perkawinan sengaja dilakukan pemisahan harta kekayaan masing-masing-masing suami istri, sehingga tidak ada percampuran harta (masing-masing suami dan istri memiliki kedaulatan atas hartanya sendiri). Dengan adanya pencegahan percampuran harta maka dalam hal pewarisan menjadi lebih mudah.
  • Atas namakan harta yang akan ditinggalkan suami kelak dengan nama istri-istri. Hal ini untuk memudahkan penelusuran harta bersama (penentuan ahli waris dapat dilakukan dengan menentukan nama yang tertera pada dokumen harta warisan tersebut).
  • Membuat surat wasiat. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan notaris, yaitu menentukan bagian masing-masing istri jika kelak suami meninggal. Dengan dibuatkannya surat wasiat oleh notaris, maka surat tersebut memiliki daya laku otentik sehingga secara hukum memiliki kekuatan bukti yang sempurna yang dapat menghindari konflik diantara istri-istri sang suami kelak.

Nah, ingin beristri lebih dari satu? Segera siapkan harta kekayaan anda untuk pewarisan kelak. (www.legalakses.com).

Share Button

Komentar

Komentar

New Picture (5)
IMG_1546Menggunaan Alamat Rumah Tinggal Untuk Domisili Perusahaan IMG_1090 Hilangnya Tanah Milik Dalam Perkawinan Campuran Start Up2Mau Mulai Usaha? Ini Jenis-jenis Badan Usahanya House for sale2Yang Perlu Diperhatikan Dalam PPJB Tanah
Sewa TokoMenghindari Sengketa Hukum Pemilik Tanah Dalam Sewa Toko SKT2Menjual Tanah Non Sertifikat Tanp surat Tanah Legal OfficerFungsi Legal Officer Dalam Perusahaan WaralabaMembangun Bisnis Waralaba (Free Ebook)