Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan

Membagi Warisan Jika Istri Lebih Dari Satu Orang

Secara hukum istri merupakan pihak yang berhak menerima warisan jika seorang suami meninggal dunia. Masalah tidak akan timbul jika perkawinan yang dilakukan suami tersebut monogami, namun tuntutan bertubi-tubi akan muncul jika suami tersebut memiliki istri lebih dari seorang (poligami). Untuk menghindari pertentangan harta warisan kelak jika suami meninggal, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan suami:

  • Membuat perjanjian perkawinan/pranikah. Pada prinsipnya perjanjian perkawinan memisahkan harta kekayaan dalam rumah tangga (harta kekayaan masing-masing-masing suami istri). Dalam perjanjian perkawinan sengaja dilakukan pemisahan harta kekayaan masing-masing-masing suami istri, sehingga tidak ada percampuran harta (masing-masing suami dan istri memiliki kedaulatan atas hartanya sendiri). Dengan adanya pencegahan percampuran harta maka dalam hal pewarisan menjadi lebih mudah.
  • Atas namakan harta yang akan ditinggalkan suami kelak dengan nama istri-istri. Hal ini untuk memudahkan penelusuran harta bersama (penentuan ahli waris dapat dilakukan dengan menentukan nama yang tertera pada dokumen harta warisan tersebut).
  • Membuat surat wasiat. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan notaris, yaitu menentukan bagian masing-masing istri jika kelak suami meninggal. Dengan dibuatkannya surat wasiat oleh notaris, maka surat tersebut memiliki daya laku otentik sehingga secara hukum memiliki kekuatan bukti yang sempurna yang dapat menghindari konflik diantara istri-istri sang suami kelak.

Nah, ingin beristri lebih dari satu? Segera siapkan harta kekayaan anda untuk pewarisan kelak. (www.legalakses.com).

FOOTER LA - Panduan Membuat Kontrak Bisnis

Komentar

Komentar

Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan
   
POPULER
01. Yang Perlu DIperhatikan Dalam KOntrak Sewa Ruko 21. Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Tanah dan Bangunan 20. Bedanya DIstributor dan Agen
13. Mendirikan Perusahaan UMKM 19. Pembagian HArta Perkawinan Dalam Perceraian 18. Perjanjian, Kontrak dan MoU
17. Cara Mencabut Surat Kuasa 16. Kontrak Yang Dibuat Dalam Bahasa Asing Tetap Sah 15. Mengelola Dokumen Legal Perusahaan