Menyusun Isi Kontrak

Dok Ketenagakerjaan Perusahaan

Judul Kontrak

Saya menyukai novel “Das Perfume” karya Patrick Suskind karena kehalusan bahasanya, yang mampu mendorong pembaca novel itu, setia pada langkah-langkah cerita di setiap halaman secara runut. Dan di akhir cerita, layaknya dalam novel-novel lain, para pembaca akan menemukan keterkejutannya sendiri. Judul novel itu pada bagian cover-nya telah memberikan kira-kira gambaran keseluruhan cerita. Judul itu telah sukses membawa pembaca melompat ke halaman pertama.

Layaknya judul novel yang berusaha membangun keutuhan cerita, Judul Kontrak juga merupakan kalimat pembuka (heading) yang meringkas keseluruhan bangunan hukum dalam kontrak. Judul Kontrak merupakan pintu gerbang pembuka bagi pihak-pihak yang ingin menafsirkannya. Judul Kontrak mendeskripsikan sesingkat-singkatnya model hubungan hukum yang diatur dalam kontrak tersebut, sehingga hanya dengan membaca judulnya saja konstruksi hukum di dalamnya mudah ditebak. Pada prinsipnya, Judul Kontrak memberikan gambaran umum mengenai isi kontrak.

Judul Kontrak sedikit berbeda dengan judul novel: mengindahkan gambaran hukum yang tegas dan formal, runut dan struktural, selaras dengan hubungan hukumnya itu sendiri, serta konsisten dengan seluruh isi bangunan kontrak. Pada bagian akhir kontrak tidak ada keterkejutan (punch) layaknya novel yang ending-nya kadang sulit ditebak.

Share Button
New Picture (5)
IMG_1546Menggunaan Alamat Rumah Tinggal Untuk Domisili Perusahaan IMG_1090 Hilangnya Tanah Milik Dalam Perkawinan Campuran Start Up2Mau Mulai Usaha? Ini Jenis-jenis Badan Usahanya House for sale2Yang Perlu Diperhatikan Dalam PPJB Tanah
Sewa TokoMenghindari Sengketa Hukum Pemilik Tanah Dalam Sewa Toko SKT2Menjual Tanah Non Sertifikat Tanp surat Tanah Legal OfficerFungsi Legal Officer Dalam Perusahaan WaralabaMembangun Bisnis Waralaba (Free Ebook)