Mendaftarkan Tanah Warisan

Tips Hukum Jual Beli Tanah dan Bangunan

Sesuai ketentuan Pasal 833 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata), maka para ahli waris dari orang yang meninggal dunia, dengan sendirinya mendapatkan hak milik atas semua barang, semua hak dan semua piutang orang yang meninggal (termasuk tanah). Hak waris tersebut diperoleh ahli waris secara hukum, dalam arti dengan sendirinya berpindah ke tangan ahli waris.

Meski perpindahan itu terjadi secara hukum dan tidak memerlukan langkah hukum lainnya, misalnya gugatan, namun beberapa proses hukum masih perlu dilakukan agar harta warisan itu, khususnya tanah, dapat secara penuh menjadi milik ahli waris. Dalam hal harta warisan itu berupa bidang tanah, maka proses tersebut adalah pendaftaran tanah.

Pendaftaran tanah warisan perlu dilakukan agar tanah tersebut tercantum atas nama ahli waris. Dengan dilakukannya pendaftaran tanah, maka nama para ahli waris akan tercantum sebagai pemilik dari tanah warisan tersebut. Jika ahli waris lebih dari seorang, misalnya tiga orang, maka ketiga nama ahli waris tersebut akan tercantum dalam sertifikat tanah. Dalam prakteknya hal ini disebut juga turun waris.

Pendaftaran tanah warisan oleh ahli waris dapat dilakukan di kantor pertanahan setempat. Para ahli waris akan diminta mengisi formulir khusus permohonan pendaftaran tanah. Selian mengsi formulir, ahli waris juga diminta untuk melengkapi beberapa dokumen pendukung, yaitu:

  • Surat keterangan kematian pewaris, yaitu surat yang membuktikan bahwa benar pewaris telah meninggal dunia.
  • Asli sertifikat tanah yang akan didaftarkan.
  • Surat keterangan ahli waris dari kelurahan setempat, yaitu surat yang menerangkan siapa saja para ahli waris dari si pewaris.
  • Identitas para ahli waris (KTP)
  • Bukti Pelunasan Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB).
  • Bukti pelunasan PBB tahun berjalan.

(Dadang Sukandar, S.H./www.legalakses.com)

Artikel terkait:

Komentar

Komentar

DRAF SURAT
Download Draf Surat Kuasa Download Draf Berita Acara Draf Surat Pernyataan Draf Surat Resmi
 
TUTORIAL DOKUMEN LEGAL
Cara Membuat Surat Kuasa Dalam 7 Menit! Contoh Surat Kuasa Mengambil Barang Panduan Praktis Membuat Perjanjian Membuat Perjanjian Yang Sah dan Mengikat
 
LEGALPEDIA
Bedanya Distributor dan Agen Tanpa Meterai Perjanjian tetap Sah Perjanjian kontrak MOU
Rahasia Dagang DIgunakan Mantan Karyawan Hukum Kontrak Sewa Ruko Melindungi Rahasia Dagang