Menandatangani Perjanjian Untuk Mewakili Perusahaan? Minta Dulu Surat Kuasa Direktur

Dok Ketenagakerjaan Perusahaan

Jika Anda adalah seorang manajer perusahaan PT, mungkin Anda pernah disodorkan beberapa lembar perjanjian dan diminta menandatanganinya atas nama perusahaan. Sebagai karyawan tentu saja Anda sulit menolak, karena pekerjaan Anda adalah membuat keputusan dan menandatanganinya. Namun berhati-hatilah, karena seluruh hak dan kewajiban yang muncul dari perjanjian itu, kalau tidak disertai surat kuasa dari direktur Anda, akan menjadi tanggung jawab Anda secara pribadi.

Misalnya, sebagai manajer procurement department Anda harus menandatangani perjanjian pembelian mobil untuk operasional perusahaan. Jika Anda menandatanganinya tanpa menerima kuasa dari direktur, maka secara hukum kewajiban membayar mobil tersebut bisa jadi tanggung jawab Anda sendiri – beban dari dompet Anda sendiri yang telah Anda isi dengan gaji bulanan Anda.

Dalam perusahaan berbentuk PT, satu-satunya pihak yang berwenang menandatangani perjanjian untuk dan atas nama perusahaan adalah direkturnya. Undang-undang  PT sendiri yang menentukan, bahwa direksi bertanggung jawab atas kegiatan perusahaan, baik di dalam maupun di luar pengadilan. Apapun yang dilakukan oleh direktur untuk dan atas nama perusahaan, akan mengikat persahaan itu dalam segala hak dan tanggung jawabnya. 

Sebagai Manajer procurement, sah-sah saja jika Anda menandatangni perjanjian itu dan mewakili perusahaan Anda untuk membuat deal dengan vendor. Dan karena Anda sedang menjalankan tugas Anda mewakili perusahaan, maka mintalah surat kuasa yang secara khusus memberikan kewenang itu dari direktur – termasuk kewenangan menandatangani perjanjiannya. Tanpa Surat kuasa, berarti Anda mengikatkan diri Anda sendiri secara pribadi dalam perjanjian.

Artikel Terkait:

  1. Perikatan, Perjanjian dan Kontrak
  2. Menyusun Kontrak
  3. Surat Pencabutan Kuasa
  4. Asas-asas Perjanjian
  5. Membuat Surat Kuasa
  6. Pengertian dan Syarat-syarat perjanjian
  7. Membuat Surat Perjanjian
Share Button

Komentar

Komentar

New Picture (5)
IMG_1546Menggunaan Alamat Rumah Tinggal Untuk Domisili Perusahaan IMG_1090 Hilangnya Tanah Milik Dalam Perkawinan Campuran Start Up2Mau Mulai Usaha? Ini Jenis-jenis Badan Usahanya House for sale2Yang Perlu Diperhatikan Dalam PPJB Tanah
Sewa TokoMenghindari Sengketa Hukum Pemilik Tanah Dalam Sewa Toko SKT2Menjual Tanah Non Sertifikat Tanp surat Tanah Legal OfficerFungsi Legal Officer Dalam Perusahaan WaralabaMembangun Bisnis Waralaba (Free Ebook)