Pelaksanaan RUPS Melalui Media Elektronik

Dok Ketenagakerjaan Perusahaan

Pasal 77 Undang-undangan No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT) memperkenankan pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dilakukan melalui media elektronik. Bentuk media elektronik yang diperkenankan menurut pasal tersebut adalah media telekonfrensi, media video konferensi dan sarana media elektronik lainnya. Agar RUPS tersebut sah secara hukum, maka dalam pelaksanaannya semua peserta RUPS harus memungkinkan untuk dapat melihat dan mendengar secara langsung, dan peserta rapat dapat berpartisipasi langsung dalam rapat.

Meskipun dilaksanakan dengan media elektronik, para peserta RUPS harus dapat melihat dan mendengar pelaksanaan RUPS tersebut sehingga karenanya dapat berpartisipasi dalam rapat. Meskipun menggunakan media elektronik yang secara teknis rentan terhadap berbagai hambatan, namun ketentuan ini tidak dapat diabaikan karena bersifat imperatif.

Syarat kuorum pelaksanaan rapat dan pengambilan keputusan didasarkan pada ketentuan kuorum dalam UUPT yang berlaku pada RUPS pada umumnya. Ketentuan tersebut antara lain:

  • Syarat kuorum kehadiran dan pengambilan keputusan RUPS mengenai mata acara biasa (Pasal 86 dan Pasal 87 UUPT): kuorum kehadiran 1/2 bagian dari jumlah seluruh saham dengan hak suara, hadir atau diwakili, dan keputusan sah jika disetujui lebih dari 1/2 bagian dari jumlah suara yang dikeluarkan.
  • Syarat kuorum kehadiran dan pengambilan keputusan RUPS untuk mata acara perubahan Anggaran Dasar (Pasal 88 UUPT): kuorum kehadiran minimal 2/3 bagian dari seluruh saham dengan hak suara, hadir atau diwakili dan keputusan sah jika disetujui 2/3 bagian dari jumlah suara yang dikeluarkan.
  • Syarat kuorum kehadiran dan pengambilan keputusan RUPS untuk mata acara penggabungan, peleburan, pengambilalihan dan pemisahan, pengajuan permohonan agar perseroan dinyatakan pailit, perpanjangan jangka waktu berdirinya dan pembubaran Perseroan (Pasal 89 UUPT): kuorum kehadiran paling sedikit 3/4 bagian dari jumlah seluruh saham dengan hak suara, hadir atau diwakili, keputusan sah apabila disetujui paling sedikit 3/4 bagian dari jumlah suara yang dikeluarkan.

Dalam pelaksanaan RUPS dengan menggunakan media elektronik juga disyaratkan untuk dibuat risalah rapat yang disetujui dan ditandatangani oleh seluruh perserta RUPS. Hal ini berbeda dengan pelaksanaan RUPS secara konvensional, dimana risalah rapat hanya ditandatangani oleh ketua rapat dan paling sedikit 1 orang pemegang saham yang ditunjuk dari dan oleh peserta RUPS. Dalam pelaksanaan RUPS yang menggunakan media elktronik, risalah rapat harus ditandatangani oleh seluruh pemegang saham. Penandatanganan oleh seluruh pemegang saham itu dapat dilakukan baik secara fisik maupun secara elektronik. (www.legalakses.com).

Share Button

Komentar

Komentar