Pemeriksaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Dok Ketenagakerjaan Perusahaan

3. Pemeriksaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Pemeriksaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dilakukan untuk memastikan:

  • Penjual Telah Melunasi PBB

Jangan sampai terjadi, misalnya, ternyata penjual belum melunasi PBB-nya selama lima tahun terakhir. Sebab itu, akan lebih bijaksana jika pemeriksaan PBB dilakukan untuk, misalnya, tiga atau lima tahun terakhir. Bukti bahwa penjual telah melunasi PBB-nya adalah dengan STTS, Surat Tanda Terima  Setoran dari kantor pajak.

  • Besarnya Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP)

NJOP merupakan harga rata-rata transaksi jual-beli tanah di suatu wilayah yang terjadi secara wajar. Namun meski telah ditetapkan dalam NJOP, dalam praktek harga jual-beli tanah seringkali diatas NJOP. Dari nilai NJOP yang tercantum di SPPT, anda bisa menemukan data pembanding untuk menentukan harga tanahnya dalam transaksi.

Share Button
New Picture (5)
IMG_1546Menggunaan Alamat Rumah Tinggal Untuk Domisili Perusahaan IMG_1090 Hilangnya Tanah Milik Dalam Perkawinan Campuran Start Up2Mau Mulai Usaha? Ini Jenis-jenis Badan Usahanya House for sale2Yang Perlu Diperhatikan Dalam PPJB Tanah
Sewa TokoMenghindari Sengketa Hukum Pemilik Tanah Dalam Sewa Toko SKT2Menjual Tanah Non Sertifikat Tanp surat Tanah Legal OfficerFungsi Legal Officer Dalam Perusahaan WaralabaMembangun Bisnis Waralaba (Free Ebook)