RUPS Sirkuler (Circular Resolution)

Tips Hukum Jual Beli Tanah dan Bangunan

Pada prinsipnya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) diselenggarkan secara fisik, yaitu dihadiri melalui tatap muka langsung oleh para pemegang saham di suatu tempat tertentu pada waktu tertentu. Menurut pasal 75 Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT), RUPS itu diadakan di tempat kedudukan Perseroan (atau di tempat kegiatan utama Perseroan). Khusus Perseroan Terbuka (Tbk), RUPS dapat diadakan di tempat kedudukan bursa di mana saham Perseroan dicatatkan. Tempat dilaksanakannya RUPS harus terletak di wilayah negara Republik Indonesia.

Namun pada faktanya, mengumpulkan para pemegang saham dalam suatu tempat dan waktu tertentu sering mengalami hambatan. Para pemegang saham, yang umumnya para pelaku bisnis, memiliki segunung aktivitas bisnis yang seringkali menghambat penyelenggaraan RUPS secara fisik, atau bisa juga misalnya karena kendala geografis dan jarak. Di sisi lain, RUPS, terutama RUPS Tahunan, harus diselenggarakan oleh Perseroan. Untuk menanggulangi hal tersebut, undang-undang telah menentukan bahwa RUPS dapat dilaksanakan tanpa perlu adanya rapat secara fisik melalui keputusan sirkuler (circulair resolution).

Mengeni keputusan sirkuler (circulair resolution) ditentukan dalam Pasal 91 undang-undang Perseroan Terbatas. Menurut ketentuan tersebut, pemegang saham dapat mengambil keputusan yang mengikat di luar RUPS (diluar rapat fisik) namun masih memiliki kekuatan hukum yang sama dengan pelaksanaan RUPS biasa secara fisik. Keputusan tersebut hanya dapat diambil dengan syarat semua pemegang saham yang mempunyai hak suara menyetujuinya secara tertulis.

Dalam prakteknya, sebelum dilaksanakannya pembuatan keputusan sirkuler, para pemegang saham biasanya telah melakukan komunikasi intensif perihal apa saja yang perlu diputuskan. Hasil komunikasi dan keputusan yang telah dibuat kemudian dituangkan dalam “Keputusan Para Pemegang Saham”. Keputusan Para Pemegang Saham tersebut kemudian wajib ditandatangani oleh seluruh pemegang saham. Dalam prakteknya, Keputusan Sirkuler Para Pemegang Saham itu dibuat di bawah tangan, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Akta Pernyataan Keputusan Rapat(http://legalakses.com).

 

Komentar

Komentar

DRAF SURAT
Download Draf Surat Kuasa Download Draf Berita Acara Draf Surat Pernyataan Draf Surat Resmi
 
TUTORIAL DOKUMEN LEGAL
Cara Membuat Surat Kuasa Dalam 7 Menit! Contoh Surat Kuasa Mengambil Barang Panduan Praktis Membuat Perjanjian Membuat Perjanjian Yang Sah dan Mengikat
 
LEGALPEDIA
Bedanya Distributor dan Agen Tanpa Meterai Perjanjian tetap Sah Perjanjian kontrak MOU
Rahasia Dagang DIgunakan Mantan Karyawan Hukum Kontrak Sewa Ruko Melindungi Rahasia Dagang