Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan Perjanjian Usaha Bersama_

Sertifikasi Ahli K3 Kebakaran

Berdasarkan UU No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja (UU Keselamatan Kerja), tujuan dilakukannya penanganan keselamatan kerja adalah untuk mengatur keselamtan kerja di tempat kerja. Pengaturan tersebut salah satunya adalah dengan menerapkan syarat-syarat keselamtan kerja dalam mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran di tempat kerja.

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. Kep.186/MEN/1999 Tentang Unit Penanggulangan Kebakaran Di Tempat Kerja, setiap perusahaan diwajibkan untuk mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran dan latihan penanggulangan kebakaran di tempat kerja. Salah satu kewajiban itu adalah membentuk Unit Penanggulangan Kebakaran di tempat kerja. Unit tersebut terdiri dari:

  1. Petugas Peran Kebakaran.
  2. Regu Penanggulangan Kebakaran.
  3. Koordinator Unit Penanggulangan Kebakaran.
  4. Ahli K3 Spesialis Penanggulangan Kebakaran (penanggung jawab teknis).

Ahli K3 Spesialis Penanggulangan Kebakaran ditetapkan di tempat kerja yang tingkat resiko bahaya kebakarannya ditentukan sebagai berikut:

1.      RINGAN dan SEDANG I yang mempekerjakan 300 orang tenaga kerja atau lebih.

2.      Setiap tempat kerja dengan tingkat resiko bahaya kebakaran SEDANG II, SEDANG III dan BERAT.

Tugas Ahli K3 Spesialis Penanggulangan Kebakaran antara lain membantu mengawasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan dibidang penanggulangan kebakaran. Selain itu, tugas Ahli K3 Penanggulangan Kebakaran juga memimpin penanggulangan kebakaran sebelum mendapat bantuan dari instansi yang berwenang, menyusun program kerja penanggulangan kebakaran dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Untuk dapat diangkat menjadi Ahli K3 Spesialis Penanggulangan Kebakaran wajib memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Sehat jasmani dan rohani.
  2. Pendidikan Minimal D3.
  3. Bekerja pada perusahaan yang bersangkutan dengan masa kerja minimal 5 tahun.
  4. Telah mengikuti kursus teknis penanggulangan kebakaran Tingkat Dasar I, Tingkat Dasar II dan Tingkat Ahli K3 Pratama dan Tingkat Ahli Madya.

Ahli K3 Spesialis Penanggulangan Kebakaran yang telah mengikuti kursus teknis penanggulangan kebakaran berhak mendapatkaN sertifikat dari pejabat yang ditunjuk oleh Menteri.(www.legalakses.com).

FOOTER LA - Panduan Membuat Kontrak Bisnis

Komentar

Komentar

Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan Perjanjian Usaha Bersama_
   
POPULER