Surat Keterangan Waris

Dok Ketenagakerjaan Perusahaan

Mengapa Surat Keterangan Waris begitu penting? Hal ini terutama dalam proses balik nama sertifikat tanah dari orang yang meninggal dunia ke ahli warisnya. Berdasarkan hukum waris, maka hak atas tanah dari orang yang meninggal dunia akan jatuh kepada ahli warisnya. Untuk membuktikan bahwa seseorang adalah ahli waris dari orang yang meninggal dunia, sehingga ia berhak atas tanah tersebut, maka diperlukan Surat Keterangan Waris.

Hal ini seperti juga ditentukan dalam Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun1997 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Berdasarkan Peraturan Menteri tersebut, Surat Keterangan Waris merupakan salah satu alat bukti untuk menunjukan adanya hubungan waris dari orang yang meninggal dunia dengan ahli warisnya, sehingga berdasarkan surat keterangan tersebut dapat dilakukan balik nama kepada ahli waris.

Surat Keterangan Waris sendiri merupan surat yang berisi keterangan mengenai kapan seseorang meninggal dunia dan siapa saja ahli warisnya. Untuk memperoleh kekuatan bukti yang lebih kokoh, Surat Keterangan Waris biasanya juga disaksikan oleh 2 orang saksi yang turut menandatangani surat tersebut.

Surat Keterangan Waris dibuat oleh atau di hadapan pejabat umum yang berwenang, misalnya Kepala Desa atau Lurah dan diketahui oleh Camat. Di beberapa daerah, Surat Keterangan Waris ada juga yang dibuat dalam bentuk Surat Pernyataan dari para ahli waris, namun demikian tetap memerlukan pengesahan dari Lurah/Kepala Desa dan Camat. Agar tercatat dalam administrasi Kelurahan dan Kecamatan, Surat Keterangan Waris biasanya juga diberi nomor register oleh Luran dan Camat.

Berdasarkan keterangan waris tersebut, maka para ahli waris telah dibuktikan secara tertulis merupakan ahli waris yang sah dari orang yang meninggal, dan karenanya berhak memperoleh haknya dalam tanah warisan. (legalakses.com). 

Share Button

Komentar

Komentar