Surat Pemberitahuan Pengakhiran Perjanjian

Dok Ketenagakerjaan Perusahaan
Nomor   : _____________________.

Perihal   : PENGAKHIRAN PERJANJIAN

Kepada Yth.,

PT. ____________________
__________________________________
__________________________________
_____________________

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian Konstruksi Nomor _________________ tanggal ______________ yang dibuat oleh dan diantara PT. ___________________ (“Pihak Pertama”) dan PT. _______________ (“Pihak Kedua”) (“Perjanjian”), dan Surat Peringatan Kesatu kami Nomor ____________ Tanggal _______________ Perihal ___________________ serta Surat Peringatan Kedua kami Nomor ____________ Tanggal _______________ Perihal ___________________ (“Surat Peringatan”), maka dengan ini kami sampaikan Pemberitahuan Pengakhiran Perjanjian sebagai berikut:

  1. Bahwa, berdasarkan Perjanjian, Pihak Kedua berkewajiban untuk melaksanakan pekerjaan Jasa Pelaksana Konstruksi untuk Pihak Pertama berupa membangun sebuah ________________________ sesuai dengan Gambar Konstruksi, Spesifikasi Teknis dan Jadwal Kerja (“Bangunan”).
  2. Bahwa, berdasarkan Pasal ___ Ayat ______ Perjanjian, jangka waktu pekerjaan mendirikan Bangunan tersebut adalah selama ____ (______________________) bulan, dimulai dari tanggal ____________________ dan berakhir pada tanggal _____________________ (“Jangka Waktu Perjanjian”).
  3. Bahwa, sampai dengan berakhirnya Jangka Waktu Perjanjian, Pihak Pertama telah menyelesaikan seluruh kewajibannya terhadap Pihak Kedua berdasarkan Perjanjian, namun ternyata Pihak Kedua belum juga dapat menyelesaikan pekerjaan mendirikan Bangunan.
  4. Bahwa, dengan tidak selesainya pekerjaan mendirikan Bangunan sesuai dengan Jangka Waktu Pelaksanaan, maka Pihak Kedua telah melakukan wanprestasi terhadap Perjanjian.
  5. Bahwa, berdasarkan wanprestasi yang dilakukan oleh Pihak Kedua tersebut, maka telah cukup memberikan dasar hukum bagi Pihak Pertama untuk mengakhiri Perjanjian secara sepihak.
  6. Bahwa, oleh karena tidak selesainya pekerjaan mendirikan Bangunan tersebut sesuai dengan Jangka Waktu perjanjian, maka Pihak Pertama telah mengalami kerugian sebagai berikut:
    1. Kerugian berupa ____________________________________ atau senilai Rp. _____________ (_____________________________ rupiah).
    2. Kerugian berupa ____________________________________ atau senilai Rp. _____________ (_____________________________ rupiah).
    3. Kerugian berupa ____________________________________ atau senilai Rp. _____________ (_____________________________ rupiah).

Sehingga nilai total kerugian Pihak Pertama akibat tidak selesainya pekerjaan pelaksana konstruksi tersebut adalah sebesar Rp. _________________ (__________________________ rupiah) (“Kerugian”).

Terkait hal-hal tersebut diatas, Kami dengan itikad baik telah melakukan musyawarah dan negosiasi serta memberikan toleransi kepada PT. __________________ untuk mengatasi setiap masalah dalam pelaksanaan pekerjaan mendirikan Bangunan tersebut, namun hal tersebut telah ternyata tidak dapat membuat PT. _______________ menyelesaikan pekerjaannya sesuai Perjanjian. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas, maka dengan ini kami memberitahukan kepada PT. ____________________:

  1. Dengan ini kami sampaikan bahwa kami mengakhiri Perjanjian.
  2. Dengan dilakukannya Pengakhiran Perjanjian tersebut, maka terhadap segala hak dan kewajiban diantara Pihak Pertama dan Pihak Kedua yang telah jatuh tempo dan dilaksanakan dianggap telah selesai, sedangkan hak dan kewajiban yang belum jatuh tempo dan karenanya belum dilaksanakan dianggap telah berakhir.
  3. Meminta kepada Pihak Kedua untuk:
    1. Melaksanakan sisa kewajiban yang harus dilaksanakan berdasarkan Perjanjian, yaitu sebagai berikut:
      1. _______________________________.
      2. _______________________________.
      3. _______________________________.
    2. Membayar ganti rugi kepada Pihak Pertama atas keterlambatan Pihak Kedua menyelesaiakan pekerjaan mendirikan Bangunan sebesar Rp. ___________________ (_______________ rupiah).

Demikian Pemberitahuan Perjanjian ini kami sampaikan. Kami berharap, sebagai bentuk pengakhiran perjanjian atas kerja sama yang telah terjalin, PT. _______________ dapat melaksanakan hal-hal tersebut diatas. Dalam hal PT. ____________ tidak melaksanakan hal-hal tersbeut diatas, maka kami akan melaksanakan hak-hak kami sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian Surat Pengakhiran Perjanjian ini kami sampaikan.

Hormat Kami,

PT. __________________

Mengetahui dan menyetujui,

PT. _________________

(www.legalakses.com)

Download Draf Surat Pemberitahuan Pengakhiran Perjanjian (Format Word/.doc):

Download_

Share Button
New Picture (5)
IMG_1546Menggunaan Alamat Rumah Tinggal Untuk Domisili Perusahaan IMG_1090 Hilangnya Tanah Milik Dalam Perkawinan Campuran Start Up2Mau Mulai Usaha? Ini Jenis-jenis Badan Usahanya House for sale2Yang Perlu Diperhatikan Dalam PPJB Tanah
Sewa TokoMenghindari Sengketa Hukum Pemilik Tanah Dalam Sewa Toko SKT2Menjual Tanah Non Sertifikat Tanp surat Tanah Legal OfficerFungsi Legal Officer Dalam Perusahaan WaralabaMembangun Bisnis Waralaba (Free Ebook)