Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas

Dok Ketenagakerjaan Perusahaan

Mengenai Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas (Corporate Social Responsibility/CSR), diatur dalam Pasal 74 Undang-undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT). Menurut pasal tersebut, Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan tidak diserahkan terhadap semua Perseroan. Perseroan yang wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan adalah Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya dibidang sumber daya alam, atau yang menjalankan usahanya dibidang yang berkaitan dengan sumber daya alam.

Perseroan yang menjalankan usahanya dibidang sumber daya alam adalah Perseroan yang secara langsung mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam. Sedangkan Perseroan yang menjalankan usahanya dibidang yang berkaitan dengan sumber daya alam adalah Perseroan yang tidak mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam, namun kegiatan usahanya itu mempunyai dampak pada fungsi kemampuan sumber daya alam.

Dengan demikian, maka Perseroan yang tidak menjalankan usaha dibidang sumber daya alam atau menjalankan usaha yang tidak berdampak pada fungsi kemampuan sumber daya alam tidak diwajibkan melaksanakan  Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan.

Untuk merealisasikan kewajiban Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan tersebut, Pasal 74 UUPT menentukan agar Perseroan menganggarkan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan tersebut sebagai biaya Perseroan. Hal ini antara lain dengan memasukan biaya program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan tersebut kedalam Rencana Kerja Tahunan Perseroan tahun berikutnya sebagaimana dimaksud Pasal 63 UUPT. (www.legalakses.com).

Share Button

Komentar

Komentar