DALAM TRANSAKSI TANAH/RUMAH DENGAN DEVELOPER, BISAKAH MERUBAH STATUS HGB MENJADI HAK MILIK?

Dari:
Usman Maulana
Tanya:
Saya membeli rumah dengan cara cicil melalui BTN dan Alhamulliah sudah lunas, cuma di sertifikatnya HGB sampai dengan tahun 2028, yang saya ingin tanyakan bisa nggak dari HGB menjadi SHM? Apa yang harus dipersiapkan dan kemana saja selain ke BPN? Terima kasih.
Jawab:
Hal yang Anda alami juga sering dialami oleh banyak pihak yang membeli rumah dari developer, yaitu pembeli mendapatkan tanah dengan Hak Guna Bangunan (HGB). Hal ini karena developer, yang umumnya berbentuk perusahaan PT (Perseroan Terbatas) tidak boleh memilik tanah dengan Hak Milik (HM), jadi tanah yang ditransaksikan ke pembeli adalah tanah HGB dengan sertifikat HGB.
Anda dapat meningkatkan status tanah tersebut dari Hak Guna Bangunan (HGB) ke Hak Milik (HM). Anda hanya bisa meningkatkan status tanah tersebut ke kantor pertanahan (BPN). Anda dapat melakukannya sendiri, atau Anda juga bisa meminta bantuan jasa notaris/PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), yang tentu saja akan dikenakan biaya jasa tambahan.
Untuk mengetahui prosedur dan persyaratan dokumen pendukung untuk meningkatkan status tanah tersebut, Anda bisa mempelajari lebih jauh di link di bawah ini:
Draf Kontrak Dokumentasi Legal Ketenagakerjaan Perjanjian Usaha Bersama_
   
POPULER