Apakah Selama Training Sudah Dikategorikan Masa Kerja (Karyawan Kontrak)?

Bang, Saya mau nanya, kalau training itu sudah termasuk hitungan kontrak kerja? Mohon jawabannya bang, karna saya butuh sekali jawabannya.

Jawab:

Hal tersebut tergantung dari bentuk dan isi dari perjanjian kerjanya. Jadi, silahkan periksa kembali perjanjian kerja karyawan, khususnya mengenai klausul kapan masa kerja karyawan dimulai?

Perhitungan masa kerja karyawan tidak dihitung berdasarkan masa training, karena training bisa saja dilakukan selama masa kerja berlangsung. Kalau karyawan tsb sifatnya karyawan kontrak atau tidak tetap berdasarkan PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu), maka harus dibuat perjanjian tertulisnya terlebih dahulu, dan di perjanjian tertulis itu tercantum masa kerjanya: kapan dimulai dan kapan berakhir. Selama jangka waktu yang tertulis itulah masa kerja karyawan berlangsung.

Kalau karyawan tersebut sifatnya karyawan tetap berdasarkan PKWTT (Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu), dan utk itu tidak dibuat perjanjian tertulisnya, maka masa kerja dimulai sejak karyawan melakukan pekerjaan untuk perusahaan.

ARTIKEL TERKAIT