Beli Tanah Kavling Tapi Belum Pecah Sertifikat: PPJB Dulu Atau Langsung AJB?

Saat membeli tanah dan bangunan dari perusahaan pengembang (developer), mungkin Anda pernah dijanjikan akan langsung dibuatkan AJB (Akta Jual Beli) tanahnya meskipun proses pemecahan sertifikatnya belum selesai. Biasanya ini adalah bagian dari strategi marketing perusahaan pengembang, supaya sebanya-banyaknya unit rumah terjual.

Secara hukum, hal ini sebenarnya tidak dapat dilakukan. Pengalihan hak atas tanah kavling dengan AJB tidak dapat dilakukan sebelum dilakukannya pemecahan sertifikat. Transaksi tanah yang sertifikatnya belum dipecah sementara dapat dilakukan berdasarkan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB).

Sebuah transaksi tanah (AJB) harus dilakukan atas obyek tanah yang definitif, dimana tanah tersebut telah memiliki sertifikat sendiri sebagai sebuah obyek transaksi yang mandiri. Dalam pembelian tanah kavling yang proses pemecahan sertifikatnya belum selesai, bagian tanah kavling yang akan ditransaksikan tersebut belum memiliki sertifikat sendiri, dan karenanya secara hukum dianggap belum eksis dan karenanya belum bisa ditransaksikan berdasarkan AJB.

ARTIKEL TERKAIT