Bentuk-bentuk Perusahaan Sesuai Hukum

Sesuai UU Nomor 8 Tahun 1997 Tentang Dokumen Perusahaan, khusunya Pasal 1 Ayat (1), perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan tujuan memperoleh keuntungan dan/atau laba, baik yang diselenggarakan oleh orang perorangan maupun badan usaha, baik badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

Dari pasal tersebut, maka sebuah perusahaan merupakan sebuah bentuk usaha, yaitu bentuk usaha dalam jenis dan bentuk apapun sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Sebuah perusahaan dalam prakteknya melakukan kegiatan usaha yang bersifat tetap dan terus-menerus,  artinya bukan usaha yang sekali transaksi melainkan kontinyu.

Tujuan dari menjalankan usaha sebuah perusahaan adalah memperoleh keuntungan atau laba. Usaha tersebut diselenggarakan baik oleh perorangan (seorang diri) maupun badan usaha (beberapa orang). Badan usaha inipun bisa dalam bentuk badan hukum maupun non-badan hukum.

Sebuah perusahaan, baik yang berbentuk peseorangan maupun badan usaha, didirikan dan menjalankan kegiatannya berdasarkan modal dan tanggung jawab pemilik usaha. Dari pasal tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk perusahaan antara lain:

  1. Perseorangan
  2. Badan Usaha:

(www.legalakses.com)

.

Artikel Terkait

Download Kontrak