Biaya Mendirikan Perusahaan PT (Perseroan Terbatas)

Secara hukum, Pendirian  PT atau Perseroan Terbatas dilakukan dengan cara pembuatan Akta Pendirian PT di Kantor Notaris dan pengurusan SK Pengesahan Badan Hukum PT tersebut  di Kementerian Hukum dan HAM. Umumnya tidak ada ketentuan khusus yang mengatur mengenai berapa besar biaya pendirian PT. Besarnya biaya pendirian PT oleh masing-masing kantor Notaris umumnya ditentukan berdasarkan bonafiditas kantor Notaris, skala perusahaan PT dan pekerjaan jasa lainnya yang harus dilakukan oleh Notaris.

Bonafiditas Notaris merupakan penilaian subyektif terhadap Notaris yang bersangkutan. Hal ini bisa saja disebabkan karena Notaris tersebut memiliki reputasi yang sangat baik, pengalaman yang panjang, dan klien yang banyak. Kondisi tersebut umumnya meningkatkan nilai harga jasa Notaris yang bersangkutan sesuai hukum ekonomi harga pasar.

Biaya jasa Notaris untuk pembuatan Akta Pendirian PT juga ditentukan oleh skala PT yang akan didirikan, apakah skala Mikro, Kecil, Menengah atau Besar. Perbedaan skala tersebut ditentukan oleh perbedaan nilai modal dari PT yang akan didirikan. Umumnya, pendirian PT dengan skala yang lebih besar nilai biaya jasa Notarisnya juga lebih besar.

Pekerjaan jasa lainnya yang harus dilakukan Notaris juga mempengaruhi besarnya biaya jasa Notaris. Pekerjaan jasa tambahan tersebut antara lain pengurusan perizinan umum, seperti NIB (Nomor Induk Berusaha), NPWP (Nomor Pokok Wajib Perusahaan), SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) dan perizinan umum lainnya.

Pada prinsipnya, pekerjaan jasa Notaris dalam pendirian PT hanya meliputi pembuatan Akta Pendirian PT dan pengurusan SK Pengesahan Badan Hukum PT di Kementerian Hukum dan HAM. Namun beberapa kantor Notaris biasanya memberikan jasa tambahan berupa pengurusan perizinan PT yang baru berdiri tersebut. Namun pengurusan perizinan tersebut hanya meliputi pengurusan perizinan yang bersifat umum, yaitu perizinan yang disyaratkan untuk semua jenis perusahaan apapun ruang lingkup kegiatannya. Pengurusan perizinan itu tidak meliputi perizinan khusus, yaitu perizinan spesifik yang meliputi ruang lingkup kegiatan usaha PT (misalnya perizinan usaha jasa konstruksi (SIUJK) untuk perusahaan konstruksi).

Sebagai ilustrasi, biaya jasa Notaris untuk pendirian PT berdasarkan ruang lingkup jasa tersebut diatas, adalah:    

  • Biaya Jasa Pendirian PT skala Kecil: Rp. 5.000.000 s/d Rp. 7.000.000 
  • Biaya Jasa Pendirian PT skala Menengah: Rp. 7.000.000 s/d Rp. 10.000.000.
  • Biaya Jasa Pendirian PT skala Besar: Rp. 10.000.000 s/d Rp. 15.000.000

Biaya diatas hanyalah ilustrasi pada umumnya. Beberapa kantor Notaris mungkin menetapakan biaya jasa yang lebih rendah atau lebih tinggi. Biaya jasa tersebut sudah meliputi: Biaya pembuatan Akta Pendirian PT, biaya pengesahan Badan Hukum PT di Kementerian Hukum dan HAM dan biaya jasa pengurusan perizinan umum (www.legalakses.com). 

.

Artikel Terkait

Download Kontrak