Harga Tanah Belum Lunas, Sudah Bisa Dibuatkan AJB (Akta Jual Beli)?

TANYA

Bang.. di tempat saya kok sudah di buatkan AJB… Sedangkan saya hanya bayar DP saja 50 persen dari harga tanah… Apakah aman ya bang??

JAWAB

AJB (Akta Jual Beli) adalah akta atau dokumen yang dibuat oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) untuk mengalihkan hak atas tanah dari pemiliknya (penjual) ke pembeli. Dengan dibuatnya AJB, maka berarti telah dilakukan pengalihan hak atas tanah tersebut dari penjual ke pembeli. Pertanyaannya, pembayaran harga tanahnya baru dilakukan sebagian (50%) tapi sudah dilakukan pembuatan AJB (Akta Jual Beli), apakah hal tersebut dimungkinkan?

Pertama kami asumsikan bahwa tanah yang ditransaksikan tersebut adalah tanah sertifikat. Pada prinsipnya, transaksi jual beli tanah harus dilakukan secara “terang” dan “tunai”. Terang artinya dilakukan di hadapan pejabat umum yang berwenang. Dalam transaksi jual beli tanah, pejabat umum tersebut adalah PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah).

Tunai berarti pada saat transaksi jual beli tanah (pada saat pembuatan AJB), harga tanahnya harus sudah dibayar lunas. Pada umumnya, jika harga tanah belum dibayar lunas, maka PPAT tidak bersedia membuatkan AJB transaksi tanah tersebut. Untuk menunjukan bahwa tanahnya telah dibayar lunas umumnya cukup dibuktikan dengan tanda bukti pembayaran atau kwitansi.

Dengan prinsip terang dan tunai diatas, yaitu pembuatan AJB di kantor PPAT pada saat harga tanahnya sudah lunas, maka secara hukum tidak dimungkinkan untuk dilakukannya pembuatan AJB jika harga tanahnya belum lunas (baru sebagian). Secara hukum pembuatan AJB tersebut tidak memenuhi syarat “tunai” dalam transaksi jual beli tanah.

Jika ternyata AJB sudah dibuat oleh PPAT, sementara harga tanahnya belum lunas, maka hal tersebut perlu diwaspadai. Hal itu berpotensi terjadinya pelanggaran hukum yang dapat membuat transaksi tanahnya menjadi tidak sah.

0
.

Artikel Terkait

Download Kontrak

Video