Kenapa Memilih Perusahaan Berbadan Hukum PT?

Dalam mendirikan Perseroan Terbatas (PT), terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh pengusaha, khususnya pengusaha kecil atau menengah, yang ingin meningkatkan volume usaha dan status perusahaannya. Keuntungan tersebut antara lain adanya pemisahan harta kekayaan pribadi dengan harta perusahaan, bonafiditas perusahaan, untuk memenuhi persyaratan tertentu dalam menjalankan usaha dan guna mendapatkan tambahan modal usaha.

Pemisahan Harta Perusahaan dan Harta Pribadi Pemiliknya

Sebagai badan hukum, sebuah PT mempunyai harta kekayaan sendiri yang terpisah dari harta kekayaan pribadi pemiliknya (pemegang saham). Hal ini berbeda dengan perusahaan yang bentuknya non-badan hukum, seperti misalnya perusahaan perseroangan, persekutuan perdata, firma atau CV yang tidak memisahkan kekayaan perusahaan dengan kekayaan pribadi pemiliknya. Dalam PT, tanggung jawab pemilik usaha terbatas hanya pada modal yang disetorkannya ke dalam perusahaan (sebab itu disebut perseroan terbatas). Dalam perusahaan non-badan hukum, jika kekayaan perusahaan tidak cukup untuk melunasi utang atau kewajiban perusahaan, maka sisanya akan menjadi tanggung jawab pemilik perusahaan sampai ke harta kekayaan pribadinya.

Bonafiditas

Keuntungan lainnya adalah bonafiditas perusahaan. Umumnya badan hukum PT, dimata mitra bisnis, akan nampak lebih professional. Perusahaan akan dipandang lebih bonafid dan professional kalau bentuknya badan hukum ketimbang perusahaan perseroangan atau badan usaha persekutuan seperti firma atau CV. Sebagai legal entity, eksistensi badan hukum PT diakui sebagai pengemban hak dan kewajiban yang mandiri secara hukum.

Persyaratan Usaha

Bentuk badan hukum PT seringkali menjadi syarat yang wajib dipenuhi guna memperoleh proyek atau perizinan tertentu sebuah perusahaan. Untuk mendapatkan proyek tertentu, baik di pemerintahan maupun swasta, kadang pihak mitra bisnis menuntut agar perusahaan yang mengajukan tender proyek tersebut berbentuk badan hukum PT. Misalnya, persyaratan administrasi dalam proses pengadaan barang dan jasa di perusahaan swasta. Atau bisa juga, untuk menjalankan kegiatan usaha tertentu, undang-undang mensyaratkan sebuah perusahaan berbentuk badan hukum PT. Misalanya, sesuai UU Ketenagakerjaan, sebuah perusahaan outsourcing (pengadaan tenaga kerja) mensyaratkan perusahaan didirikan dalam bentuk badan hukum.

Memperoleh Kredit Usaha

Bentuk badan hukum PT juga biasanya lebih memudahkan masuknya tambahan modal, baik dari kreditur maupun investor. Setiap perusahaan umumnya mempunyai ekpektasi untuk meningkatkan volume usahanya, dan tidak jarang hal tersebut membutuhkan tambahan modal. Oleh sebab itu banyak usaha kecil yang meningkatkan status perusahaannya menjadi badan hukum PT agar mempunyai akses yang lebih mudah terhadaap penambahan modal, baik yang berasal dari kreditur (bank) maupun investor.

0
.

Artikel Terkait

Download Kontrak

Video