Kesepakatan Bersama Pendirian PT (Perseroan Terbatas)

KESEPAKATAN BERSAMA
PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS (PT)

KESEPAKATAN BERSAMA PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS (PT) ini dibuat pada hari ______________ tanggal __ ___________ _____, bertempat di ____________________, oleh dan diantara (“Kesepakatan Bersama“):

Oleh dan diantara:

(1) Nama                               : ___________________.
Tempat/Tanggal Lahir : ___________________.
Alamat                            : ___________________.
NIK                                   : __________________.
Selanjutnya disebut sebagai “Pihak Pertama

(1) Nama                               : ___________________.
Tempat/Tanggal Lahir : ___________________.
Alamat                            : ___________________.
NIK                                   : __________________.
Selanjutnya disebut sebagai “Pihak Kedua

(1) Nama                               : ___________________.
Tempat/Tanggal Lahir : ___________________.
Alamat                            : ___________________.
NIK                                   : __________________.
Selanjutnya disebut sebagai “Pihak Ketiga

Pihak Pertama, Pihak Kedua dan Pihak Ketiga secara bersama-sama selanjutnya disebut sebagai “Para Pihak”. Para Pihak dengan ini terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa, Para Pihak telah sepakat untuk mendirikan sebuah badan usaha berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT) dengan ruang lingkup kegiatan usaha yang secara umum bergerak dibidang perdagangan barang dan jasa.
  2. Bahwa, untuk mendirikan Perseroan Tebatas (PT) tersebut, Para Pihak telah menyepakati ketentuan-ketentuan khusus sebagaimana yang tertuang dalam Kesepakatan Bersama ini yang untuk nanti pada saatnya akan dituangkan ke dalam Anggaran Dasar Perseroan.

Selanjutnya, untuk maksud tersebut diatas, Para Pihak dengan ini sepakat untuk mendirikan sebuah badan hukum Perseroan Terbatas (“Perseroan”) yang ruang lingkup kegiatan usahanya secara umum bergerak dibidang perdagangan barang dan jasa (“Pendirian Perseroan”) dengan ketentuan-ketentuan dalam Anggaran Dasar Perseroan sebagai berikut:

  1. Nama Perseroan adalah PT. ___________________ dengan ketentuan, dalam hal nama Perseroan tersebut tidak dapat digunakan karena alasan apapun, maka Para Pihak dengan ini sepakat untuk mengganti nama Perseroan tersebut dengan nama alternatif lainnya yaitu PT ___________________ atau PT. _____________.
  2. Perseroan bekedudukan di Kabupaten/Kota _________________.
  3. Perseroan didirikan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya.
  4. Maksud dan Tujuan Perseroan adalah berusaha dalam bidang perdagangan barang dan jasa dengan ketentuan, untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut Perseroan dapat menjalankan usaha dalam bidang perdagangan barang berupa _______________________________ dan menjalankan usaha dalam bidang jasa berupa ____________________________________.
  5. Modal Perseroan terdiri dari Modal Dasar sebesar Rp. _________________ yang terbagi dalam __ saham dengan nilai nominal setiap saham sebesar Rp. ___________________ dengan ketentuan, dari Modal Dasar tersebut modal yang ditempatkan dan disetor penuh adalah sebanyak ___ saham atau senilai Rp. ___________________.
  6. Para Pihak sepakat untuk mengambil bagian saham dalam Perseroan dengan ketentuan, bagian saham Pihak Pertama adalah sebanyak ___ saham atau senilai nominal Rp. __________________, bagian saham Pihak Kedua adalah sebanyak ___ saham atau senilai nominal Rp. __________________, bagian saham Pihak Ketiga adalah sebanyak ___ saham atau senilai nominal Rp. __________________.
  7. Para Pihak sepakat bahwa ________________ akan menjabat sebagai Direktur Perseroan dan _________________ akan menjabat sebagai Komisaris Perseroan.
  8. Para Pihak dengan ini sepakat bahwa Akta Pendirian Perseroan dibuat oleh Notaris yang ditunjuk dan disepakati bersama oleh Para Pihak dengan ketentuan, ketentuan-ketentuan lain dalam Anggaran Dasar Perseroan tersebut selain sebagaimana yang ditentukan dalam Kesepakatan Bersama ini akan ditentukan lebih lanjut berdasarkan kesepakatan Bersama Para Pihak. Pembuatan Akta Pendirian Perseroan dilakukan dalam jangka waktu selambat-lambatnya __ (____) hari kalender sejak dibuat dan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama.

Demikian Kesepakatan Bersama ini dibuat pada waktu dan di tempat sebagaimana disebutkan pada bagian awal Kesepakatan Bersama ini. 

Para Pihak

Pihak Pertama     Pihak Kedua      Pihak Ketiga

_______________      ______________       ______________
Untuk mengunduh draf surat diatas (format MS Word Doc.), silahkan ikuti link berikut:

.

Artikel Terkait

Download Kontrak