Masa Kerja Karyawan Kontrak (PKWT) Sesuai UU Cipta Kerja

Masa kerja karyawan yang hubungan kerjanya berdasarkan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu/PKWT (karyawan kontrak) di UU Ketenagakerjaan mengalami perubahan yang substansial jika dibandingan dengan UU Cipta Kerja (UU No. 11 Tahun 2020). Sesuai UU Ketenagakerjaan sebelumnya, masa kerja karyawan kontrak maksimal adalah 2 tahun. Masa kerja tersebut dapat diperpanjang 1 kali selama 1 tahun, atau diperbaharui 1 kali untuk selama 2 tahun.

Berbeda halnya dengan UU Cipta Kerja, yang tidak mengenal istilah perubahan PKWT seperti di UU Ketenagakerjaan, tetapi hanya terdapat ketentuan mengenai perpanjangan PKWT. Sesuai PP No. 35 Tahun 2021 yang merupakan peraturan pelaksana UU Cipta Kerja, total maksimal masa kerja karyawan kontrak adalah 5 tahun.

Jangka waktu 5 tahun tersebut adalah totalnya, sudah termasuk masa kontrak PKWT pertama beserta perpanjangannya. Jumlah perpanjangan PKWT dalam PP No. 35 Tahun 2021 tersebut juga tidak ditentukan batasannya, sehingga jumlah perpanjangan PKWT tersebut dapat dilakukan lebih dari 1 kali sepanjang jumlah total masa kerjanya tidak melebihi jangka waktu maksimal 5 tahun.

Penjelasan selengkapnya silahkan simak video berikut:      

(Visited 82 times, 1 visits today)
Share:
.

Download Kontrak