Mau Beli Tanah Hanya Ada Surat SPPT PBB-nya Saja

Saya mau beli tanah tapi hanya ada surat pbb aja, katanya itu sppt ga ada surat girik atau ajb, gmn solusinya?

Jawab:

SPPT PBB bukan merupakan alat bukti hukum yang sah yang dapat membuktikan kepemilikan hak atas tanah seseorang, karenanya SPPT PBB tidak dapat membuktikan bahwa bidang tanah dimaksud merupakan milik dari penjual. Kepemilikan hak atas tanah hanya dapat dibuktikan berdasarkan sertifikat hak atas tanah yang diterbitkan oleh kantor pertanahan.

Untuk melakukan transaksi jual beli tanah tersebut, maka sebelumnya perlu dilakukan pendaftaran tanah (sertifikasi) terlebih dahulu ke kantor pertanahan sehingga dapat diterbitkan sertifikat hak atas tanah atas nama penjual. Nanti berdasarkan sertifikat hak atas tanah tersebut barulah dapat dilakukan transaksi jual beli tanah dengan pembuatan AJB (Akta Jual Beli) di PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah).

Atau, dalam hal pendaftaran tanah (sertifikasi) ke kantor pertanahan itu belum dapat dilakukan, dan sementara transaksi akan tetap dijalankan, maka setidaknya atas bisang tanah tersebut dapat dilakukan pembuatan Surat Keterangan Tanah (SKT) terlebih dahulu di kantor Desa/Kelurahan setempat. SKT tersebut pada intinya membuktikan bahwa bidang tanah tersebut berada dalam penguasaan penjual, dan disaksikan oleh para pemilik tanah berbatasan.

 

ARTIKEL TERKAIT