Mulai 15 April 2020 Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) Efektif Berlaku PSBB

Mulai tanggal 15 April 2020, Kawasan Bodebek (Bogor, Depok dan Bekasi) mulai efektif berlaku PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Pemberlakuan itu ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 443/Kep.221-Hukham/2020 Tentang Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Daerah Kabupaten Bogor, Daerah Kota Bogor, Daerah Kota Depok, Daerah Kabupaten Bekasi dan Darah Kota Bekasi Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tertanggal 12 April 2020.

Pemberlakuan PSBB tersebut efektif berlaku untuk 14 hari kedepan, atau sampai dengan tanggal 28 April 2020. Masyarakat yang berdomisisli di daerah-daerah tersebut diwajibkan untuk mematuhi ketentuan pemberlakuan PSBB sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk tingkat teknis pelaksanaan, peraturan perundang-undangan yang dimaksud khususnya adalah Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 27 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Daerah Kabupaten Bogor, Daerah Kota Bogor, Daerah Kota Depok, Daerah Kabupaten Bekasi dan Daerah Kota Bekasi.

Hampir sama dengan Pergub DKI Jakarta No. 33 Tahun 2020 tentang pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta, Pergub No. 27 Tahun 2020 tersebut juga bersisi pembatasan: kegiatan sekolah dan Pendidikan, aktivitas di tempat kerja, kegiatan keagamaan di rumah ibadah, kegiatan di tempat/fasilitas umum, kegiatan sosial budaya dan pembatasan pergerakan orang dan barang dengan menggunakan moda transportasi. Pemberlakuan PSBB tersebut dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran Covid-19 di daerah-daerah tersebut (www.legalakses.com).

ARTIKEL TERKAIT