Notulensi Rapat (Minutes of Meeting) Juga Bisa Jadi Alat Bukti Hukum

Notula adalah catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang dibicarakan dan diputuskan (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dalam praktek, notula sering juga disebut notulensi rapat, atau minutes of meeting (MOM). Notula rapat merupakan catatan-catatan dalam rapat yang menggambarkan materi isi rapat.

Agar isi perundingan sebuah kontrak tidak melayang begitu saja dan mudah dilupakan, maka sebaikanya sebuah rapat negosiasi kontrak memiliki catatan singkat. Agar catatan tersebut bersifat resmi dan mempunyai nilai hukum, maka sebaiknya catatan tersebut disusun secara formal dan ditandatangani.

Sebuah notula rapat umumnya berisi poin-poin kesepakatan para peserta rapat. Sebagai sebuah kesepakatan, notula rapat tentunya berisi hak dan kewajiban yang disampaikan dalam rapat. Apabila ringkasan tersebut dicatat secara resmi dan formal kemudian ditandatangani, maka catatan tersebut akan bernilai hukum dan karenanya, dalam keadaan tertentu, notulensi rapat dapat juga dijadikan sebagai bukti hukum.

Dengan demikian, sebuah notula rapat pada prinsipnya mempunyai 2 fungsi, selain secara praktis dapat membantu ingatan pembuat kontrak dalam menyusun draf kontrak, juga secara hukum dapat dijadikan alat bukti hukum (Dadang Sukandar, S.H/www.legalakses.com).

(Visited 49 times, 1 visits today)
Share:
.

Download Kontrak