Pembatasan Kegiatan di Tempat atau Fasilitas umum Selama Pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta

Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, merupakan salah satu isu pembatasan aktivitas luar rumah yang dilakukan berdasarkan Pergub DKI Jakarta No. 33 Tahun 2020. Pergub tersebut juga mengatur kewajiban pelaku usaha yang melakukan penjualan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari untuk melakukan pembatasan-pembatasan.

PowerPoint Presentation

Seseuai ketentuan pasal 13 Pergub, selama pemberlakuan PSBB penduduk DKI Jakarta dilarang untuk melakukan kegiatan-kegiatan dengan jumlah lebih dari 5 orang di tempat atau fasilitas umum. Pengelola tempat atau fasilitas umum wajib menutup sementara tempat atau fasilitas umumnya, kecuali tempat atau fasilitas umum yang digunakan penduduk untuk melakukan kegiatan olahraga secara mandiri dan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari.

Kebutuhan pokok disini meliputi kegiatan penyediaan, pengolahan, penyaluran dan pengiriman bahan pangan dan makanan serta minuman, termasuk energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan dan perbankan serta sistem pembayaran dan logistik. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari meliputi penyediaan barang retail di pasar rakyat dan toko swalayan (minimarket, supermarket, hypermarket, perkulakan dan toko khusus) atau warung kelontong dan Jasa binatu (laundry).

Dalam menjalankan usaha yang memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari, pelaku usaha wajib mengikuti ketentuan pembatasan kegiatan sebagai berikut:

  1. Mengutamakan pemesanan barang secara daring (jarak jauh) dengan fasilitas layanan antar.
  2. Turut menjaga stabilitas ekonomi dan kemampuan daya beli konsumen barang dengan tidak menaikkan harga barang.
  3. Melakukan disinfeksi secara berkala pada tempat usaha.
  4. Melakukan deteksi dan pemantauan suhu tubuh karyawan dan konsumen yang memasuki pasar/toko serta memastikan karyawan yang bekerja tidak sedang mengalami demam ringan atau sakit.
  5. Menerapkan pembatasan jarak antar sesama konsumen (physical distancing) yang datang ke pasar/toko paling sedikit dalam rentang 1 meter.
  6. Mewajibkan setiap karyawan untuk menggunakan pakaian kerja sesuai pedoman keselamatan dan kesehatan kerja.
  7. Melaksanakan anjuran cuci tangan dengan sabun dan/atau pembersih tangan (hand sanitizer) termasuk menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai dan mudah diakses oleh konsumen dan karyawan.

Selama pemberlakukan PSBB, kegiatan olahraga secara mandiri masih dapat dilakukan oleh penduduk di luar rumah namun secara terbatas. Olah raga di luar rumah hanya dapat dilakukan secara mandiri dan tidak berkelompok, serta terbatas dilakukan di area sekitar rumah tinggal.

0
.

Artikel Terkait

Download Kontrak

Video