Pemerintah Resmi Menetapkan Bencana Non-alam Covid-19 Sebagai Bencana Nasional

Pada tanggal 13 April 2020 yang lalu pemerintah secara resmi telah menetapkan bahwa bencana non-alam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional. Penetapan itu di lakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No. 12 Tahun 2020 tertanggal 13 April 2020.

Penetapan bencana non-alam Covid-19 sebagai bencana nasional ini dilakukan dengan pertimbangan, bahwa penyebaran Covid-19 telah memberikan dampak pada meningkatnya jumlah korban dan kerugian harta benda, meluasnya cakupan wilayah yang terkena bencana, serta menimbulkan implikasi pada aspek sosial ekonomi yang luas di Indonesia.

Penanggulangan bencana nasional Covid-19 tersebut selanjutnya akan dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Penanganan itu dilakukan melalui sinergi antar kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah.

Lebih lanjut Kepres tersebut juga memerintahkan, agar kepala daerah (Gubernur, Bupati dan Walikota), yang merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah, agar dalam menetapkan kebijakan di daerahnya masing-masing wajib untuk memperhatikan kebijakan pemerintah pusat.

ARTIKEL TERKAIT