Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennotschaap/CV)

Pada prinsipnya Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennotschaap/CV) adalah Persekutuan Firma (perkembangan lebih lanjut  dari Persekutuan Firma). Persekutuan Firma sendiri adalah Persekutuan Perdata dalam bentuk yang lebih khusus. Kekhususan itu dimana pendiriannya ditujukan untuk menjalankan perusahaan, menggunakan nama bersama, dan tanggung jawab para pemilik Firma (sekutu) bersifat tanggung renteng.

Jika sebuah Persekutuan Firma membutuhkan tambahan modal, misalnya, Firma tersebut dapat memasukan pihak lain sebagai sekutu baru yang hanya memasukan modalnya. Sekutu baru tersebut bersifat pasif, tidak terlibat secara aktif dalam menjalankan perusahaan, tetapi hanya memasukan modal saja.

Dengan demikian maka dalam Persekutuan Komanditer terdapat sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu Aktif bertanggung jawab menjalankan roda perusahaan, sedangkan sekutu pasif tidak ikut terlibat dalam jalannya perusahaan.

Sekutu pasif, atau sering juga disebut sekutu komanditer, tidak ikut bertanggung jawab terhadap jalannya sebuah CV. Tanggung jawab sekutu pasif terbatas hanya pada modal yang disetorkannya ke dalam perusahaan. Jika kekayaan perusahaan tidak mencukupi untuk melunasi utang perusahaan, maka kekayaan pribadi sekutu pasif tidak dapat diakses untuk turut melunasi utang tersebut.

Hal ini berbeda dengan sekutu aktif, dimana sekutu aktif tersebut bertanggung jawab terhadap perikatan-perikatan yang dibuat oleh perusahaan terhadap pihak ketiga. Dalam melaksanakan kewajiban perusahaan terhadap pihak ketiga,  kekayaan pribadi sekutu aktif dapat menjadi jaminan atas utang perusahaan yang harus dilunasi (www.legalakses.com).

.

Artikel Terkait

Download Kontrak