POSKO PENGADUAN THR: THR Lebaran Tidak Dibayar, Lapor Ke Sini

Sesuai peraturan perundang-undangan, setiap Pengusaha wajib untuk membayar Tunjangan Hari Raya Keagamaan (THR) kepada karyawannya. THR merupakan penghasilan Pekerja yang berupa Pendapatan Non-Upah yang berhak diterima Pekerja setiap menjelang hari raya keagamaan. Pembayaran THR wajib dilakukan oleh Pekerja minimal 7 hari menjelang hari raya keagamaannya.

Jika Pengusaha terlambat melakukan pembayaran THR, atau melakukan pembayaran THR tapi tidak penuh, apalagi sampai tidak membayar THR, maka Pengusaha dapat dikenakan sanksi. Sanksi tersebut mulai dari teguran tertulis sampai dengan pembekuan izin usahanya.

Besarnya nilai THR karyawan ditentukan berdasarkan masa kerja karyawan dan besarnya upah karyawan. Karyawan yang masa kerjanya 12 bulan atau lebih secara terus menerus, besarnya THR yang diterima adalah 1 bulan upah. Jika masa kerja kaaryawan kurang dari 12 bulan dan lebih dari 1 bulan, besarnya THR dihitung secara proporsional dengan rumus: (masa kerja/12) x 1 bulan upah.

Jika Pengusaha tidak membayarkan THR kepada Pekerjanya, Pekerja dapat melakukan pengaduan atau pelaporan pelanggaran tersebut. Pengaduan pelanggaran pembayaran THR dapat dilakukan secara online ke: poskothr.kemnaker.go.id.

(Visited 32 times, 1 visits today)
Share:
.

Download Kontrak