Prosedur dan Cara Mendirikan PT (Perseroan Terbatas)

Perseroan Terbatas atau PT adalah sebuah badan usaha, yang bentuknya badan hukum dan didirikan berdasarkan perjanjian, serta melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang terbagi dalam saham. Sebagai badan hukum, PT memiliki hak, kewajiban dan kekayaan yang mandiri, berdiri sendiri, dan terpisah dari hak, kewajiban dan kekayaan pemilik perusahaan (pemegang saham). Dan sebagai sebuah perjanjian, PT didirikan oleh lebih dari satu orang (karena tidak mungkin kesepakatan perjanjian dibuat hanya oleh satu orang).

Untuk mendirikan sebuah PT, seorang pendiri terlebih dahulu harus membuat Akta Pendirian PT. Akta Pendirian PT tersebut dibuat oleh Notaris. Jadi, ketika Anda akan mendirikan PT, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendatangani kantor Notaris dan minta dibuatkan Akta Pendirian PT.

Selain Akta Pendirian PT, nantinya Notaris juga akan sekalian mengurus SK Pengesahan Badan Hukum PT yang akan Anda dirikan. SK Pengesahan Badan Hukum tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM yang saat ini pengurusannya bisa dilakukan secara online. Dengan dikeluarkannya SK Pengesahan Badan Hukum, maka PT yang Anda dirikan telah sah menjadi sebuah Badan Hukum.

Sebelum mendatangani kantor Notaris dan minta dibuatkan Akta Pendirian PT, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa hal sebagai persyaratan. Untuk membuat Akta Pendirian PT, Anda perlu menyiapkan:

  • KTP dan NPWP Pendiri PT dan Direksi serta Komisaris
  • Nama PT (Siapkan lebih dari satu nama PT sebagai alternatif jika ditolak)
  • Nama Direktur dan Komisaris
  • Jumlah Modal (Modal Dasar, Modal Ditempatkan dan Modal Disetor)
  • Pembagian Modal Saham Diantara Para Pendiri PT
  • Ruang Lingkup Kegiatan Usaha PT

.

Artikel Terkait

Download Kontrak