Rumus Cepat Menghitung Uang Pesangon PHK Karena Melanggar PP dan PK (Download Excel)

Seorang karyawan yang di-PHK karena melanggar Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 35 Tahun 2021 berhak mendapatkan Uang Pesangon (UP), Uang Penghargaan Masa Kerja (UPMK) dan Uang Penggantian Hak (UPH). Untuk menghitung hak-hak tersebut, ada 2 parameter yang harus diperhitungkan:

  1. Masa Kerja Karyawan
  2. Alasan Dilakukannya PHK (Pelanggaran PK atau PP/PKB)

Sebelum menghitung UP, UPMK dan UPH berdasarkan alasan karyawan  melakukan pelanggaran PK atau PP/PKB, pertama harus ditentukan terlebih dahulu besarnya UP, UPMK dan UPH karyawan berdasakan masa kerjanya. Rumus perhitungan tersebut dapat ditemukan di Pasal 40 PP No. 35 Tahun 2021 (ayat (2), ayat (3) dan ayat (4)).

Setelah menentukan UP, UPMK dan UPH berdasakan masa kerja karyawan, barulah dapat dihitung UP, UPMK dan UPH final berdasarkan alasan pelanggaran PK atau PP/PKB. Sesuai Pasal 52 PP No. 35 Tahun 2021, besarnya UP, UPMK dan UPH dalam PHK karena alasan karyawan melanggar PK atau PP/PKB adalah:

  1. Uang Pesangon sebesar 0,5 kali ketentuan Pasal 40 ayat (2).
  2. Uang Penghargaan Masa Kerja sebesar 1 kali ketentuan Pasal 40 ayat (3).
  3. Uang Penggantian Hak sesuai ketentuan Pasal 40 ayat (4).

Untuk mempermudah perhitungan tersebut diatas, Anda dapat menggunakan rumus cepat perhitungan UP dan UPH dalam format program excel. Untuk mendapatkan program perhitungannya, silahkan download program excel tersebut dengan mengikuti link di bawah ini:

RUMUS CEPAT MENGHITUNG UANG PESANGON PHK 

.

Artikel Terkait

Download Kontrak