Satu Perusahaan (PT) Menjalankan Beberapa Kegiatan Usaha

TANYA

Saya mau tanya, bolehkah kita punya beberapa bisnis, tapi cuma buat satu PT, misalnya saya bikin PT A, usahanya ada clothing, kuliner dll, tapi hanya masuk dalam PT. A. Mohon pencerahannya.

JAWAB

Badan hukum Perseroan Terbatas (PT) harus dijalankan berdasarkan Anggaran Dasarnya, yang terdapat di Akta Pendirian PT (beserta akta perubahannya). Dalam Anggaran Dasar (AD) PT umumnya terdapat data-data mengenai PT tersebut, termasuk ruang lingkup kegiatan usahanya.

Anggaran Dasar PT bisa menentukan lebih dari satu kegiatan usaha. Ruang lingkup kegiatan usaha PT dijalankan sesuai dengan pasal mengenai Tujuan dan Kegiatan Usaha yang umumnya tercantum dalam AD PT. Di dalam AD biasanya disebutkan ruang lingkup kegiatan apa saja yang bisa dijalankan oleh PT, dan ruang lingkup tersebut biasanya lebih dari satu.

Misal, selain jasa pelaksana jasa konstruksi, bisa juga dimasukan kegiatan usaha sebagai konsultan, pengawas pekerjaan, atau memasukan  kegiatan usaha berbeda sama sekali, seperti perdagangan atau supplier barang material.

Ruang lingkup usaha PT tidak harus yang sudah dijalankan, karena bisa juga bidang usaha yang belum dijalankan PT. Hal ini untuk mengantisipasi perkembangan bisnis kedepan. Syaratnya,  kegiatan usaha tersebut harus tercantum di AD PT.

Artikel Terkait:

Siapkan Data-data Ini Sebelum Ke Kantor Notaris Untuk Membuat Akta Pendirian PT (Perseroan Terbatas)

0
.

Artikel Terkait

Download Kontrak

Video