Syarat Membuat Perjanjian Yang Sah: Suatu Sebab Yang Halal

Salah satu syarat agar sebuah kontrak atau perjanjian menjadi sah adalah suatu sebab yang halal. Sebab di sini bukan merupakan motivasi atau dorongan jiwa seseorang dalam membuat kontrak. Sebab di sini juga bukan kondisi tidak punya uang yang menyebabkan seorang pemilik rumah menyewakan rumahnya.

Hukum tidak melihat motivasi dan dorongan jiwa semacam itu di dalam pembuatan kontrak, karena yang terpenting bagi hukum adalah pelaksanaannya. Sebab yang dimaksud di sini adalah isi dari kontraknya itu sendiri: penjual menerima uang pembayaran dan pembeli menerima barangnya.

Halal di sini juga bukan merupakan halal dalam pengertian agama, tapi pengertian secara hukum, yaitu obyek yang diperjanjikan bukanlah obyek yang terlarang – obyeknya diperkenankan oleh hukum. Suatu sebab yang tidak halal meliputi perbuatan yang melanggar undang-undang, berlawanan dengan kesusilaan dan melanggar ketertiban umum.

  • Perbuatan melanggar undang-undang misalnya dalam kontrak perdagangan manusia atau senjata ilegal.
  • Bertentangan dengan kesusilaan misalnya syarat kontrak untuk meninggalkan agamanya dan memeluk agama lain.
  • Bertentangan dengan ketertiban umum misalnya kontrak untuk melakukan demonstrasi agar menutup jalan dan menimbulkan kemacetan.

(Dadang Sukandar, S.H./www.legalakses.com)

.

Artikel Terkait

Download Kontrak