Tanya Hukum: Dalam Jual Beli Tanah, Bayar DP Bisa Langsung AJB?

TANYA:

Pak saya mau beli rumah cash keras, marketingnya bilang bayar booking fee 5jt udh dikasih ajb atasnama konsumen sendiri. Emng bisa ya pak?

JAWAB:

Sebuah transaksi jual beli tanah pada prinsipnya harus dilakukan secara terang dan tunai

Terang artinya transaksi tersebut harus dilakukan di hadapan pejabat yang berwenang, dalam hal ini Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Di hadapan PPAT transaksi tersebut dilakukan dengan cara pembuatan Akta Jual Beli (AJB).

Tunai artinya, ketika transaksi jual beli tanah itu dilakukan, maka harga tanahnya harus terlebih dahulu dibayar lunas. Jadi, AJB baru bisa dibuatkan oleh PPAT ketika harga tanahnya sudah lunas. Jika harga tanah belum dilunasi, maka PPAT tidak akan bersedia membuatkan AJB.

Dengan dilakukannya pembayaran pendahuluan dalam bentuk DP (Down Payment), maka hal tersebut berarti baru dilakukan pembayaran sebagian harga tanah. Harga tanahnya belum dilunasi. Sesuai prinsip Terang dalam transaksi jual beli tanah di atas, maka dengan belum lunasnya harga tanah transaksi tersebut belum dapat dibuatkan AJB-nya.

Jika memang akan dilakukan pembayaran sebagian harga tanah (dalam bentuk DP), maka maka sebaiknya pembayaran tersebut dilindungi terlebih dahulu dengan PPJB (perjanjian pengikatan jual beli). PPJB ini yang melahirkan kewajiban pembeli untuk membayar DP, sekaligus melindungi DP tersebut sehingga nantinya terikat pada keseluruhan harga tanahnya. 

.

Artikel Terkait

Download Kontrak