Tutorial Mendirikan PT Perorangan (Full Online, Biaya Rp. 50.000, Dapet NPWP)

Untuk mendirikan Perseroan Terbatas Perorangan (PT Perorangan), sekarang sudah bisa dilakukan oleh hanya 1 orang saja. Pendirian ini bisa dilakukan tanpa Akta Notaris, dan teknisnya cukup sederhana karena bisa dilakukan secara full online di situs www.ahu.go.id. Biaya yang diperlukan untuk pendirian PT Perorangan ini cukup terjangkau, hanya Rp. 50.000 untuk pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Selain itu, pemohon pendirian PT Perorangan ini sekaligus akan mendapatkan Nomor Pokok Pwajib Pajak (NPWP) elektronik untuk perusahaannya tanpa harus mendatangi kantor pajak.

Berikut adalah prosedur pendirian PT Perorangan:

  1. Kunjungi Ditjend AHU di Kementerian Hukum dan HAM di situs www.ahu.go.id dan pilih menu Perseroan Perorangan.
  2. Buat akun baru dengan melakukan Regsitrasi Akun dengan meng-klik DAFTAR, lalu masukan identitas pribadi (NIK, nama lengkap, tanggal lahir, NPWP dan email).
  3. Lakukan Aktivasi Akun melalui email yang dikirimkan Ditjend AHU ke alamat email yang didaftarkan.
  4. Lakukan Login ke akun yang telah didaftarkan dengan memasukan NIK dan Password yang diberikan.
  5. Lakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan terlebih dahulu memesan Nomor Voucher senilai Rp. 50.000 lalu lakukan pembayaran PNBP (melalui bank atau marketplace/Tokopedia) dan konfirmasikan pembayaran di menu SIMPHADU.
  6. Lakukan pendaftaran PT Perorangan dengan mengisi Nomor Voucher PNBP yang telah dilunasi dan Nama PT Perorangan yang akan didaftarkan.
  7. Lakukan pengisian Data Perusahaan, Data Pemilik Usaha, Jumlah Modal dan KBLI lalu klik SUBMIT.
  8. Pendaftaran telah selesai, pemohon akan mendapatkan Surat Pernyataan Pendirian Perseroan Perorangan dan Sertifikat Pendaftaran Perseroan Perorangan sebagai bukti telah berdirinya Badan Hukum Perseroan Perorangan pemohon yang dapat di-unduh. 
  9. Dalam waktu 1 atau 2 hari pemohon juga akan mendapatkan email berisi NPWP Elektronik atas nama PT Perorangan yang telah didaftarkan.  

(Visited 159 times, 1 visits today)
Share:
.

Download Kontrak