Waktu Kerja, Lembur dan Cuti Sesuai UU CIPTA KERJA

Sesuai UU No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja), waktu kerja maksimal seorang pekerja di perusahaan adalah 40 jam dalam seminggu. Jika hari kerja dalam seminggu adalah 5 hari, maka jam kerja seharinya adalah 8 jam. Jika hari kerja dalam seminggu adalah 6 hari, maka jam kerja dalam sehari adalah 7 jam.

Jika Pekerja melakukan pekerjaan diluar waktu kerja tersebut, maka waktu tersebut dihitung sebagai waktu kerja lembur. Atas dilaksanakannya pekerjaan pada waktu kerja lembur, maka karyawan yang bersangkutan berhak mendapatkan upah kerja lembur. Selain bekerja di luar waktu kerja, bekerja pada hari libur resmi yang ditentukan oleh pemerintah juga dapat dikategorikan sebagai waktu kerja lembur.

Karyawan yang melakukan pekerjaan, berhak mendapatkan waktu istirahat. Sesuai UU Cipta Kerja, waktu istirahat Pekerja dapat ditentukan atas:

  • Istirahat Antar Jam Kerja

Pekerja yang telah bekerja selama 4 jam terus-menerus berhak mendapatkan istirahat antar jam kerja selama minimal 30 menit.

  • Istirahat Mingguan

Seorang Pekerja berhak mendapatkan Istirahat Mingguan minimal 1 hari dalam 1 minggu.

  • Istirahat Tahunan (Cuti Tahunan)

Cuti Tahunan adalah cuti yang diberikan kepada Pekerja selama 12 hari dalam setahun bagi Pekerja yang telah bekerja sekurang-kurangnya 12 bulan secara terus-menerus.

(Visited 25 times, 1 visits today)
Share:
.

Download Kontrak